Sya’ban
adalah salah satu bulan istimewa, bulan yang dihormati dalam agama
Islam, selain Muharram, Dzulhijjah dan Rajab. Lebih utama lagi pada
malam ke lima belas, yang dikenal dengan nama malam Nisfu Sya’ban.
Sebagaimana
dijelaskan dalam hadits shahih dari Mu‘az bin Jabal Radhiallahu ‘anhu,
bahwa pada malam ini “Allah menjenguk datang kepada semua makhlukNya di
Malam Nishfu Sya‘ban, maka diampuni segala dosa makhlukNya kecuali orang
yang menyekutukan Allah dan orang yang bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah,
at-Thabrani dan Ibnu Hibban).
Begitu juga hadits riwayat Aisyah r.a.
عن
عائشة بنت أبي بكر قالت: «قام رسول الله من الليل يصلي، فأطال السجود حتى
ظننت أنه قد قبض، فلما رأيت ذلك قمت حتى حركت إبهامه فتحرك فرجعت، فلما رفع
إلي رأسه من السجود وفرغ من صلاته، قال: يا عائشة أظننت أن النبي قد خاس
بك؟، قلت: لا والله يا رسول الله، ولكنني ظننت أنك قبضت لطول سجودك، فقال:
أتدرين أي ليلة هذه؟ قلت: الله ورسوله أعلم، قال: هذه ليلة النصف من شعبان،
إن الله عز وجل يطلع على عباده في ليلة النصف من شعبان، فيغفر للمستغفرين،
ويرحم المسترحمين، ويؤخر أهل الحقد كما هم»
Dari Aisyah
radhiyallahu anha berkata bahwa Rasulullah SAW bangun pada malam dan
melakukan shalat serta memperlama sujud, sehingga aku menyangka beliau
telah diambil. karena curiga maka aku gerakkan telunjuk beliau dan
ternyata masih bergerak. Ketika beliau mengangkat kepalanya dari sujud
dan selesai dari shalatnya, beliau berkata, “Wahai Asiyah, (atau Wahai
Humaira’), apakah kamu menyangka bahwa Rasulullah tidak memberikan hakmu
kepadamu?”Aku menjawab, “Tidak ya Rasulallah, namun Aku menyangka bahwa
Anda telah dipanggil Allah karena sujud Anda lama sekali.” Rasulullah
SAW bersabda, “Tahukah kamu malam apa ini?” Aku menjawab, “Allah dan
rasul-Nya lebih mengetahui.”Beliau bersabda, “Ini adalah malam nisfu
sya’ban (pertengahan bulan sya’ban). Dan Allah muncul kepada
hamba-hamba-Nya di malam nisfu sya’ban dan mengampuni orang yang minta
ampun, mengasihi orang yang minta dikasihi, namun menunda orang yang
hasud sebagaimana perilaku mereka.” (HR Al-Baihaqi)
Begitulah
kemurahan Allah swt yang diberikan kepada hambanya di malam Nisfu
Sya’ban. Sehingga dalam kesempatan lain Aisyah meriwayatkan hadits lagi
dengan banyaknya pengampunan itu semisal bulu kambing Bani Kalb
عن عائشة بنت أبي بكر قالت: «قال رسول الله : "إن الله ينزل ليلة النصف من شعبان إلى السماء الدنيا، فيغفر لأكثر من عدد شعر غنم كلب"
Sesungguhnya
Allah ‘Azza Wajalla turun ke langit dunia pada malam nisfu sya’ban dan
mengampuni lebih banyak dari jumlah bulu pada kambing Bani Kalb (salah
satu kabilah yang punya banyak kambing). (HR At-Tabarani dan Ahmad)
Demikianlah
hendaknya kesempatan ini tidak disia-siakan. Seorang muslim yang bijak
tentunya akan memanfaatkan malam Nisfu Sya’ban sebaik-baiknya, dengan
sebaik-baiknya memohon pengampunan dan melaksanakan amal kebaikan
sebanyak-banyaknya. Demikian hadits riwayat Ali bin Abi Thalib
menegaskan
عن علي بن أبي طالب قال: «قال رسول الله : "إذا كان
ليلة النصف من شعبان فقوموا ليلها وصوموا نهارها فإن الله ينزل فيها إلى
سماء الدنيا فيقول ألا من مستغفر فأغفر له ، ألا من مسترزق فأرزقه ألا من
مبتلى فأعافيه ألا كذا ألا كذا حتى يطلع الفجر
Dalam hadis Ali,
Rasulullah bersabda: "Malam nisfu Sya'ban, maka hidupkanlah dengan salat
dan puasalah pada siang harinya, sesungguhnya Allah turun ke langit
dunia pada malam itu, lalu Allah bersabda: "Orang yang meminta ampunan
akan Aku ampuni, orang yang meminta rizqi akan Aku beri dia rizqi,
orang-orang yang mendapatkan cobaan maka aku bebaskan, hingga fajar
menyingsing." (H.R. Ibnu Majah dengan sanad lemah).
Amalan Malam Nisfu Sya’ban
Berbagai
amalan malam Nisfu Sya’ban dapat dimulai setelah sholat maghrib.
Berpegang pada hadits Rasulullah saw, sebaiknya ibadah malam Nisfu
Sya’ban ini dilakukan secara individual (tidak berjama’ah). Namun juga
tidak ada pelarangan jika dilakukan secara berjama’ah. Dengan didahului
shalat sunnah dua rakaat yang niatnya adalah
أصلى سنة نصف شعبان ركعتين لله تعالى
Artinya: Aku niat shalat sunat nisfu sya’ban 2 rakaat sebagai karena Allah Ta’ala.
Bilangan
shalat sunnah Nisfu Sya’ban adalah 2 rakaat dengan 1 kali salam. Pada
rakaat pertama setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Kafirun. Sedangkan
pada rakaat setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlas.
Dalam
Ihya’ Ulumiddin, Imam Ghazali memberikan petunjuk agar dalam setiap
rekaatnya setelah membaca fatihah hendaknya membaca surat al-Ikhlas
sebelas kali. Atau dapat juga shalat sepuluh rakaat disetiap rakaatnya
membaca Fatihah dan membaca al-Ikhlas seratus kali. Shalat ini disebut
juga shalat al-khair, hal ini berdasar pada apa yang dilakukan oleh para
ulama terdahulu.
Setelah shalat sunnah dua
rekaat biasanya dilanjutkan dengan membaca surat yasin tiga kali yang
dan ditutup dengan do’a malam Nisyfu Sya’ban di bawah ini
اَللَّهُمَّ
يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ
اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ
ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ
اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ
اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا
عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ
اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ
اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا
مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى
كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا
يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى
اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ
الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ
عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ
عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى
اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ .
اَمِيْنَ
Artinya:
Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah,
bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan
kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan. Tiada
Tuhan selain Engkau: Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para
pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan. Ya Allah,
jika Engkau telah menulis aku di sisiMu di dalam Ummul Kitab sebagai
orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka
hapuskanlah, wahai Allah, dengan anugrahMu, dari Ummul Kitab akan
celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan
tetapkanlah aku di sisimu, dalam Ummul Kitab, sebagai orang yang
beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan.
Sunguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti benar, di dalam Kitab
Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus:
“Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang
dikehendakiNya dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab.” Wahai Tuhanku,
demi keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya’ban nan mulia,
saat dipisahkan (dijelaskan, dirinci) segala urusan yang ditetapkan dan
yang dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun
yang tidak kuketahui. Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu
yang tersembunyi, demi RahmatMu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi. Semoga
Allah melimpahkan solawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad SAW
beserta keluarga dan para sahabat beliau. Amin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar