Beliau adalah seorang yang ilmunya
sempurna di Hadapan Allah SWT. Beliau adalah kunci bagi Pengetahuan Ilahi yang
paling sulit diperoleh. Beliau adalah seorang Ulama Sejati yang dihiasi Cahaya
dari Atribut Ilahi. Beliau didukung dengan Iman yang Sejati. Beliau adalah
Pejuang di Jalan Allah SWT, Yang Maha Tinggi. Beliau adalah Suara Ilahi pada
masanya. Beliau adalah Syekh dari para Syekh dalam pengetahuan keislaman.
Beliau adalah pemegang otoritas terhadap segala persoalan yang khusus, rumit,
dan paling sulit di segala bidang pengetahuan.
Beliau adalah
Samudra Ilmu Pengetahuan,
bagaikan Topan bagi Spiritualitas, Air Terjun bagi Wahyu, Gunung Berapi bagi
Cinta Ilahi, Pusaran Air bagi Daya Tarik, dan Pelangi bagi Atribut Ilahi.
Beliau dibanjiri dengan pengetahuan bagaikan Sungai Nil yang dilanda banjir. Beliau
adalah Pembawa Rahasia dari Sultan adz-Dzikr, yang sebelumnya tidak
seorang pun bisa membawanya. Beliau adalah Guru yang menguasai Hikmah sejak
awal abad 20 dan Yang Memulihkannya. Beliau adalah seorang yang jenius dalam
Ilmu mengenai Hukum Islam, seorang mujtahid (pembaharu) di bidang
Jurisprudensi, dan seorang narator hadis, sabda Rasulullah SAW. Ratusan ulama
selalu menghadiri ceramahnya. Beliau adalah seorang mufti di masanya. Beliau
juga adalah salah seorang kaligrafer yang baik dalam menulis ayat al-Qur’an.
Beliau adalah penasihat bagi Sultan
Abdul Hamid. Beliau memegang jabatan Syaykh ul-Islam, pemegang otoritas
keagamaan yang tertinggi di Kekaisaran Ottoman. Beliau sangat dihormati bahkan
oleh pemerintah rezim baru Turki di masa Ataturk. Hanya Syekh Syarafuddin QS
dan deputinya, Syekh `Abdullah QS, yang diizinkan untuk memakai turbannya di
seluruh Republik Turki yang sekuler pimpinan Ataturk. Yang lainnya dipenjara
karena memakai tutup kepala Rasulullah SAW itu. Praktik Islam dalam bentuk
luarnya sama sekali dilarang.
Syekh Syarafuddin QS sering mengalami
keadaan dengan Penglihatan Spiritual, di mana beliau akan memperoleh
Manifestasi dari Kemegahan Ilahi (Tajalli-l-Jalal); dan pada saat itu,
tidak ada orang yang sanggup melihat matanya. Jika seseorang memandangnya,
tubuhnya akan terasa lemah dan tertarik dengan kuat kepadanya. Oleh sebab itu,
ketika beliau sedang mengalami keadaan seperti itu, beliau selalu menutupi
matanya dengan cadar (burqa').
Beliau mempunyai warna kulit yang
terang. Matanya biru, dan janggutnya hitam. Di masa tuanya, janggutnya sangat
putih, seperti kapas.
Beliau dilahirkan dengan mata dan hati
yang terbuka. Beliau adalah seorang ulama dengan wajah yang bersinar bak
berlian dan hati yang transparan bagaikan kristal. Sufisme merupakan rumah,
sarang, dan hati baginya. Islam adalah tubuh, iman, dan keyakinannya. Realitas
(haqiqat) adalah jejak, jalan, dan tujuannya. Hadirat Ilahi adalah gua,
dan tempat pengasingannya. Spiritualitas adalah kendaraannya. Beliau adalah
lidah bagi seluruh masyarakat di Daghestan.
Beliau dilahirkan di Kikunu, Distrik
Ganep, Negara Bagian Timurhansuru, Daghestan, pada hari Rabu, 3 Dzul-Qaidah
1292H bertepatan dengan 1 Desember 1875M. Syekh Muhammad al-Madani QS adalah
paman sekaligus mertuanya. Beliau memberinya kekuatan dari 6 aliran tarekat
jauh sebelum beliau wafat, dan mewariskan semua muridnya kepadanya ketika
beliau masih hidup. Dalam segala hal, Syekh Muhammad al-Madani QS sering
menerima pendapat dari Syekh Syarafuddin QS.
Beliau lahir di masa yang sangat sulit,
ketika praktik agama dilarang dan hal-hal yang berbau spiritual telah hilang.
Namun demikian ibunya berkata, “Ketika aku melahirkannya, ia mengucapkan
kalimat la ilaha ill-Allah, dan setiap aku merawatnya ia selalu
mengucapkan Allah, Allah." Karena keajaibannya itu, beliau sangat
terkenal di masa bayinya. Banyak ibu-ibu di distriknya yang sengaja datang
untuk melihat beliau mengucapkan Allah, Allah ketika sedang dirawat.
Jari telunjuk kanannya selalu membentang menunjukkan posisi syahadat. Sejak
masa kanak-kanak, beliau bisa mendengar zikir yang dilakukan oleh pepohonan,
bebatuan, binatang, burung, dan pegunungan. Beliau dibesarkan dengan sangat
baik oleh orang tuanya dan diawasi oleh pamannya. Doa beliau selalu dikabulkan.
Beliau juga selalu berada dalam kondisi khalwat.
Beliau mulai mendatangi asosiasi yang
diadakan oleh Sayyidina Abu Ahmad as-Sughuri QS ketika masih berusia enam atau
tujuh tahun. Beliau sangat pandai dan dengan segera dapat memahami ajaran Sufi
yang diantarkan oleh Abu Ahmad as-Sughuri QS dari Hadirat Ilahi itu.
Pada usia tujuh tahun beliau berkata
kepada ibunya, “Berikanlah aku anak lembu yang akan dilahirkan itu.” Ibunya
berkata, “Jika dia betina, aku akan memeliharanya tetapi bila jantan aku akan
memberikannya kepadamu.” Beliau berkata lagi, “Jangan menyusahkan dirimu wahai
ibuku, karena lembu itu akan melahirkan bayi jantan.” Ibunya berkata,”Bagaimana
kamu mengetahuinya?” Beliau berkata, “Aku dapat melihat apa yang ada dalam
rahimnya.” Satu jam kemudian, lembu itu melahirkan seekor lembu jantan. Beliau
membawa anak lembu itu dan menjualnya, lalu beliau membawakan sepasang domba
jantan dan betina kepada Syekh Abu Ahmad as-Sughuri QS sebagai hadiah. Dalam
perjalanannya menuju rumah Syekhnya, kedua domba itu melarikan diri darinya.
Beliau melanjutkan perjalanannya ke rumah Syekh, lalu duduk di sampingnya,
hatinya merasa sedih karena kehilangan kedua domba itu. Syekh bertanya
kepadanya, “Ada apa?” Beliau menjawab, “Aku mempunyai dua ekor domba yang akan
kuhadiahkan untukmu, tetapi mereka kabur.” Beberapa waktu kemudian seorang
pengembala datang dan berkata, “Aku menemukan dua ekor domba ini di antara
hewan gembalaanku.” Itu adalah dua ekor domba yang melarikan diri darinya.
Ketika beliau muda, beliau sering
berjalan-jalan bersama teman-temannya untuk mengumpulkan kayu. Beliau tidak
memotong kayu dari pohon sebagaimana yang dilakukan teman-temannya, tetapi
hanya mengumpulkan kayu-kayu kering di tanah. Hal ini membuat ayahnya resah.
Ayahnya kemudian pergi menemui Syekh Abu Ahmad as-Sughuri QS dan mengeluh bahwa
anaknya hanya mengumpulkan kayu-kayu kering yang tidak berguna. Syekh Abu Ahmad
as-Sughuri QS berkata kepadanya, "Mengapa kamu tidak bertanya langsung
kepadanya mengapa ia melakukan hal itu?” Syarafuddin muda menjawab, “Bagaimana
mungkin aku memotong pohon yang masih hijau ketika ia sedang berzikir,
mengucapkan la ilaha ill-Allah? Aku lebih suka mengumpulkan dahan-dahan
mati, dan tidak membakar cabang-cabang pohon yang sedang berzikir.”
Beliau meninggalkan Daghestan akibat
serangan yang terus dilakukan oleh militer Rusia ke kampung-kampung di
distriknya. Beliau pindah bersama keluarganya dan keluarga kakaknya ke Turki.
Mereka berjalan mengarungi beberapa daerah selama lima bulan dan melewati musim
dingin. Mereka berjalan di malam hari dan bersembunyi di siang hari. Pertama
mereka pergi ke Bursa, lalu mereka pergi ke Yalova di perairan Marmara,
kira-kira 150 km dari Istanbul. Di sana beliau bersama kelurga dan kerabatnya
tinggal di desa Rasyadiya, di mana pamannya telah lebih dulu tinggal di sana
beberapa tahun sebelumnya dan membawa Tarekat Naqsybandi dari Daghestan ke
Turki.
Di Daghestan beliau dilatih oleh Syekh
Abu Ahmad as-Sughuri QS, yang memberinya Tarekat Naqsybandi ketika beliau masih
sangat muda. Di Rasyadiya, Turki, beliau selanjutnya dilatih oleh Sayyidina
Muhammad al-Madani QS, pamannya yang kelak menjadi mertuanya. Beliau
membantunya membangun madrasah dan masjid pertama serta khaniqah bagi kampung
tersebut. Paman beliau menyambut semua imigran yang melarikan diri dari tirani
imperialis Rusia yang kejam. Selain itu banyak pula pelajar yang mendatangi
sekolah pamannya itu dari berbagai daerah di Turki. Dengan cepat mereka
membangun rumah-rumah baru di Rasyadiya dan daerah sekitarnya antara Bursa dan
Yelova.
Selain Tarekat Naqsybandiya, paman
beliau menghubungkannya dengan lima tarekat lain yang dibawanya, yaitu: Qadiri,
Rifai’i, Syadzili, Chisyti dan Khalwati. Beliau menjadi Guru Besar bagi keenam
aliran tarekat ini pada usia 27 tahun. Beliau sangat dihormati di Rasyadiya,
terutama setelah beliau menikahi putri Syekh Muhammad al-Madani QS. Beliau
dikenal sebagai orang yang memiliki kekuatan ajaib di antara para pengikutnya,
dan cerita mengenai kelebihannya itu segera tersebar ke seluruh penjuru Turki.
Selain itu, beliau sangat mengusai pengetahuan di luar agama sehingga para
ulama besar datang untuk mendengar ceramahnya.
Beliau telah melaksanakan beberapa
khalwat di Daghestan, yang paling lama berlangsung selama 3 tahun. Di
pegunungan Rasyadiya beliau berkhalwat selama enam bulan atas perintah Syekh
Abu Muhammad al-Madani QS. Beliau selalu berada dalam keadaan menyendiri ketika
sedang berada di keramaian.
Suatu hari dalam masa 6 bulan
khalwatnya, ketika beliau berdiri dan hendak bersujud beliau menemukan seekor
ular yang besar di tempat sujudnya, dengan posisi yang siap mematuknya. Beliau
berkata dalam hati, “Aku tidak takut kepada siapa pun kecuali Allah SWT,” lalu
beliau menempatkan kepalanya langsung di atas kepala ular itu. Dengan segera
ular itu lenyap.
Selama khalwatnya itu banyak keadaan
Cinta Ilahi yang diperlihatkan kepadanya. Segera setelah beliau menyelesaikan
khalwatnya, Syekh menariknya dan menyerahkan seluruh tanggung jawab untuk
mengarahkan dan membimbing orang-orang. Syekh Abu Muhammad QS kemudian selalu
duduk dalam asosiasi menantunya sebagai muridnya. Beliau adalah Syekh pertama
yang menjadi murid dari seorang muridnya. Di luar kepatuhan terhadap desakan
Syekhnya agar beliau duduk di kursi yang lebih tinggi, Syekh Syarafuddin QS
kemudian menjadi orang yang memberikan ajaran Mata Rantai Emas walaupun berada
dalam kehadiran Syekhnya.
Syekh Syarafuddin QS mendapat dukungan
spiritual dari Sayyidina Syekh Jamaluddin al-Ghumuqi al-Husayni QS dan
Sayyidina Syekh Abu Ahmad as-Sughuri QS, Syekhnya ketika beliau berada di
Daghestan. Beliau mencapai keadaan Cinta yang Murni bagi Allah SWT. Pada
keadaan itu beliau merasakan tubuhnya seolah-olah terbakar dengan Cinta kepada
Allah SWT, lalu beliau akan berlari dari meditasinya, menanggalkan semua
pakaiannya dan menyelam ke dalam air yang dinginnya serasa es di musim dingin.
Tiap kali beliau melakukan hal itu, seluruh penduduk desa dapat mendengar suara
uap yang keluar dari sungai, seperti suara besi panas yang disiram air. Ada
seorang murid Syekh Syarafuddin QS yang masih hidup sampai sekarang (1994),
yang ingat bahwa ia pernah mendengar suara desis air dan uap dari jarak ratusan
yard.
Syekh Syarafuddin QS merupakan seorang
penerus spiritual Rasulullah SAW. Melalui hubungan spiritual itu, beliau bisa
mencapai kesempurnaan. Beliau adalah keturunan dari keluarga Miqdad bin
al-Aswad RA, salah seorang Sahabat Terbesar dari Rasulullah SAW, yang sering
mewakili Rasulullah SAW bila beliau sedang bepergian dari Madinah. Beliau
melaporkan 42 sabda Rasulullah SAW, di antaranya adalah:
Rasulullah SAW bersabda, “Di Hari
Pembalasan matahari akan mendekati makhluk hingga berjarak kira-kira 1 mil dari
mereka, manusia akan mengeluarkan keringat sesuai dengan perbuatan yang mereka
lakukan, sebagian keringat mereka mencapai pergelangan kaki, sebagian lagi
mencapai lutut, atau pinggang, sementara yang lain mendapati mulutnya penuh
dengan keringat,” lalu Rasulullah SAW menunjukkan tangannya ke mulutnya.”
(riwayat Muslim)
Syekh Syarafuddin QS mempunyai sebuah
tanda berupa tapak Tangan Rasulullah SAW di punggungnya. Tanda lahir ini beliau
dapatkan dari nenek moyangnya Miqdad bin al-Aswad RA, di tempat di mana
Rasulullah SAW menempatkan tangannya di punggung Miqdad RA dan berdoa baginya
dan untuk keturunannya. Tanda di punggung Sayyidina Syekh Syarafuddin QS selalu
mengeluarkan cahaya, sama halnya dengan wajahnya yang selalu bercahaya. Beliau
menerima rahasia dari Rasulullah SAW, yaitu kemampuan untuk melihat sesuatu
yang berada di belakangnya sejelas dengan apa yang ada di depannya.
Paman beliau, Syekh Muhammad al-Madani
QS, memberinya Khilafat (suksesi) dari tarekat ini, dan menjadikannya
pemimpin di desanya. Beliau mengembangkan desanya untuk menarik lebih banyak
emigran, dengan memperluas jalan, dan membuat saluran air ke dalam kota. Beliau
selalu menyambut emigran yang datang dari Rusia, menawarkan apa yang mereka
butuhkan baik berupa makanan maupun tempat tinggal dan ini dilakukan tanpa
mengharap imbalan. Hasilnya, penduduk Daghestan merasa menemukan rumah yang
baru menggantikan rumah yang telah mereka tinggalkan untuk Rusia, mereka
menemukan kebahagiaan dan kedamaian di tanah yang baru. Para emigran merasa
lebih bahagia untuk menemani seorang Syekh yang masih hidup dalam memberikan
pelajarannya yang telah dikenal di Daghestan, sebagaimana ajaran itu juga telah
terkenal di Asia Tengah ratusan tahun sebelumnya. Dengan keberadaan beliau di
desa itu, dan diberkahi dengan kehadirannya yang membawa Rahmat Ilahi, mereka
menemukan cinta dan kebahagiaan yang telah hilang di bawah tirani militer
Rusia.
Dari Kata-Kata beliau
Mengenai Sultan adz-Dzikr (zikir
dalam hati)
Beliau berkata sehubungan dengan posisi
zikir dalam hati (khafi):
“Siapa pun yang memasuki Posisi itu, ia
akan mengalami dan mencapai Inti dari Nama Allah SWT. Nama itu adalah Sultan
dari seluruh Nama Allah SWT, karena Dia mencakup seluruh makna Nama-Nama
tersebut dan kepada-Nyalah seluruh Atribut Ilahi kembali. Dia bagaikan Kata
yang berlaku untuk semua Atribut ini dan itulah sebabnya mengapa Dia disebut Ism
al-Jalalah, Nama Yang Paling Mulia karena Dia Yang Mahatinggi, Mahasuci,
dan Mahabesar.”
“Melalui pemahaman akal saja tidak
mungkin bisa memanen buah dari rahasia-rahasia ini. Tubuh manusia tidak dapat
mencakup Realitas Makna mengenai Tuhan. Tubuh manusia mustahil mencapai
Kerajaan yang Tersembunyi dari Yang Maha Unik. Karena bagi Orang-orang dalam
Inti, yang mereka miliki hanya kekaguman dan ketakjuban, sekali mereka memasuki
posisi Pengetahuan Yang Tersembunyi, mereka akan tersesat, pergi ke mana-mana.
Lalu bagaimana dengan Orang-Orang dalam Atribut-Nya, yaitu mereka yang
mempunyai kualitas tinggi dan masing-masing menunjukkan sebuah Atribut Ilahi
yang disandangkan dan menghiasi mereka? Tetap saja mereka tidak bisa dihiasi
dengan Inti dari Nama yang mencakup seluruh Nama, kecuali dengan memasuki
Rahasia Yang Tersembunyi dari 99 Nama tersebut. Pada saat itu mereka baru
diizinkan untuk meraih posisi Tanpa Hijab terhadap Cahaya dari Nama yang
Mencakup seluruh Nama dan Atribut, nama Allah SWT.”
“Jika para pencari terus melakukan
zikir dengan Nama yang Mahasuci Allah SWT, ia akan mulai berjalan di tempat
zikir itu, yang jumlahnya ada tujuh. Setiap pencari yang terus melakukan zikir
Allah SWT dalam hati, dari 5000 sampai 48.000 kali sehari, akan mencapai
tingkat kesempurnaan sehingga ia akan menjadi sempurna dalam zikir itu. Pada
saat itu ia akan menemukan bahwa hatinya terus mengucapkan nama Allah, Allah;
tanpa perlu menggerakkan lidah. Ia akan membangun kekuatan internal dengan
membakar kotoran di dalamnya karena Api Zikir melalap semua pengotor. Tidak ada
yang tersisa kecuali permata yang bersinar dengan kekuatan spiritual.
“Begitu zikir memasuki dan menjadi
kokoh dalam hatinya, ia akan meningkat lagi mencapai keadaan di mana ia bisa
mengetahui zikir yang dilakukan oleh seluruh ciptaan Allah SWT. Ia akan
mendengar seluruh makhluk mengucapkan kalimat zikir dengan cara yang telah
ditetapkan oleh Allah SWT kepadanya. Ia mendengar setiap makhluk berzikir
dengan nada masing-masing dan irama yang berbeda satu sama lain. Pendengarannya
terhadap yang satu tidak mempengaruhi pendengarannya terhadap yang lain, ia
mampu mendengar semua secara simultan dan ia bisa membedakan masing-masing
jenis zikir.”
“Ketika para pencari melewati tingkat
itu, ia akan mengalami peningkatan lebih jauh dalam zikirnya, ia akan melihat
bahwa setiap orang yang diciptakan oleh Allah SWT melakukan zikir yang sama
dengan dirinya. Pada saat itu ia akan menyadari bahwa ia telah mencapai
Kesatuan Yang Unik dan Sempurna. Semua melakukan zikir yang sama dan
menggunakan kata-kata yang sama. Segala macam perbedaan akan terhapus dari
pandangannya, dan ia akan melihat semua orang yang bersamanya mempunyai
tingkatan yang sama dengan zikir yang sama pula. Ini adalah Tingkat Penyatuan
Setiap Orang dalam Satu Kesatuan. Di sini ia akan menarik semua bentuk Syirik
yang tersembunyi sampai ke akar-akarnya dan semua makhluk akan tampak sebagai
Satu Kesatuan. Ini adalah langkah pertama dari tujuh langkah dalam
perjalanannya.”
“Dari Tingkat Kesatuan ia akan menuju
ke Tingkat Inti dari Kesatuan, di mana setiap orang yang Ada menjadi Tidak Ada,
dan hanya Kesatuan Allah SWT saja yang tampak.”
“Kemudian ia akan menuju Tingkat
Primordial dari Kesederhanaan Yang Sempurna, di mana ia bisa tampil dalam wujud
apa saja.”
“Dari sana ia akan menuju Tingkat Kunci
dari Rahasia, yang dikenal dengan Tingkat Nama-Nama, di mana tipe asli dari
setiap makhluk ditunjukkan kepadanya dari alam ghaib menuju dunia yang nyata.
Ini akan membuatnya berenang dalam orbit Nama-Nama dan Segala Atribut dan ia
akan mengetahui semua Pengetahuan Yang Tersembunyi.”
“Selanjutnya ia akan menuju Tingkat
Yang Tersembunyi dari Yang Tersembunyi, Inti dari semua Yang Tersembunyi. Ia
akan mengatahui semua Yang Tersembunyi melalui Kesatuan yang Unik dari Inti. Ia
akan melihat semua kekuatan dan bentuknya.”
“Dari sana ia menuju tingkat Realitas
Sempurna dari Inti Nama-Nama dan Semua Aksi. Ia akan muncul di dalamnya, dalam
atom mereka dan dalam totalitas mereka. Ia akan disandangkan dengan Nama Yang
Paling Agung dan ia akan diagungkan dan dimahkotai dengan Tingkat Kebesaran.”
"Kemudian ia akan menuju ke
Tingkat Turunnya Allah SWT (munazala) dari Tingkatan-Nya yang Agung ke
Tingkat Surga Dunia. Ia sampai pada Tingkat itu, yang terdekat dengan Tingkat
Keduniaan, di luar itu para Pembaca Zikir tidak mempunyai Tingkat lain untuk
dicapai melalui bacaannya. Fajar datang ke dalam dirinya dan Mentari
Kesempurnaan tampak dalam diri dan tubuhnya, karena hal itu telah tampak
melalui zikir yang dilakukan dalam hati dan jiwanya. Sebagai hasilnya, ketika Mentari
Kesempurnaan tampak pada tubuh dan seluruh anggota tubuhnya, ia akan berada di
Tingkat yang telah disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW, “Allah SWT akan
menjadi Telinga yang dipakainya untuk mendengar, Mata yang dipakainya untuk
melihat, Lidah untuk berbicara, Tangan untuk menggenggam, dan Kaki untuk
melangkah.” Kemudian ia akan mendapati dirinya dan menyatakan kepada dirinya
bahwa, ‘Aku tidak berdaya dan sungguh lemah.’ Karena pada saat itu ia telah
memahami makna Kekuatan Ilahi.”
Setiap beliau dimintai nasihat jika
beliau berkata, “Lakukan apa yang kamu suka,” orang itu tidak akan pernah
berhasil. Tetapi bila beliau berkata, “Lakukan ini dan lakukan itu,” maka orang
tersebut akan berhasil.
Konon beliau tidak pernah menyebutkan
sesuatu yang telah berlalu. Beliau tidak pernah menerima suatu gunjingan dan
akan mengusir para pelaku dari asosiasinya. Dilaporkan pula bahwa setiap kali
orang duduk dalam asosiasinya, mereka akan merasakan bahwa kecintaan terhadap
dunia akan lenyap dari hati mereka. Beliau sering mengatakan, “Jangan duduk
tanpa berzikir, karena kematian selalu mengikutimu.”
Beliau berkata, “Peristiwa yang paling
membahagiakan bagi umat manusia adalah ketika ia meninggal, karena pada saat
itu dosanya juga ikut mati bersamanya.” Beliau berkata, “Setiap pencari yang
tidak membiasakan diri dan melatih dirinya untuk berpuasa di siang hari dan
bangun di malam hari untuk beribadah dan melayani saudaranya, tidak akan
memperoleh kebaikan dalam tarekat ini.”
Penyingkapan Syah Naqsyband QS mengenai
Syekh Syarafuddin QS
Penerus beliau, Grandsyekh kita, Syekh
`Abdullah ad-Daghestani QS, menceritakan hal berikut dalam ceramahnya:
“Suatu ketika, dalam salah satu
meditasiku, Syekh Syarafuddin QS mendatangiku dan berkata mengenai kebesaran
dan keistimewaan Syah Naqsyband QS. Beliau memujinya dan mengatakan bagaimana
Syah Naqsyband QS akan memberikan perantaraan di Hari Pembalasan. Beliau
berkata, ‘Jika seseorang melihat mata Syah Naqsyband QS, ia akan melihat mata
beliau berputar, bagian yang putih di hitam dan yang hitam di putih. Beliau
bermaksud menyimpan kekuatan spiritualnya untuk Hari Pembalasan dan tidak
menggunakannya di dunia ini.
“Pada Hari Pembalasan beliau akan
mengeluarkan cahaya dari mata kanannya, cahaya itu lalu mengelilingi banyak
orang dalam perkumpulannya dan masuk kembali ke mata kirinya. Siapa pun yang
berada dalam lingkaran itu akan masuk Surga dan terhindar dari Neraka. Beliau
akan mengisi keempat Surga dengan perantaraannya itu.”
“Ketika beliau sedang melukiskan
peristiwa besar itu, Aku menyaksikan penglihatan spiritual yang kuat di mana
Aku menyaksikan Peristiwa Hari Pembalasan dan melihat Syah Naqsyband QS
mengeluarkan cahaya, dan menyelamatkan orang-orang. Ketika Aku sedang mengamati
hal itu, Aku merasakan cinta yang sangat dalam kepada Syah Naqsyband QS, lalu
Aku berlari menuju beliau dan mencium tangannya. Kemudian penglihatan itu
menghilang dan Syekhku pergi. Aku melanjutkan meditasiku pada hari itu dengan
berzikir, membaca al-Qur’an dan melakukan salat. Di malam harinya, setelah melaksanakan
salat ‘Isya, Aku mengalami keadaan tidak sadarkan diri dan menempatkan Aku ke
dalam keadaan kasyaf (memperoleh penglihatan spiritual). Aku melihat Syah
Naqsyband QS memasuki ruangan. Beliau berkata kepadaku, ‘Anakku, datanglah
kepadaku.’ Kemudian rohku meninggalkan jasad dan Aku melihat tubuhku berada di
bawahku dan tidak bergerak. Aku lalu menemani Syah Naqsyband QS.”
“Kami menjelajahi ruang dan waktu,
bukan dengan kekuatan melihat lalu mencapai tempat yang dilihat itu, tetapi
dengan kekuatan di mana ketika kami baru memikirkan suatu tempat, kami tiba di
tempat itu. Selama tiga malam dan empat hari non-stop, kami melakukan
perjalanan dengan cara ini.”
“Sudah menjadi kebiasaan dalam
meditasiku, ketika Aku menginginkan makanan dan minuman sehari-hari, Aku
tinggal mengetuk pintu. Mendengar ketukan dari lantai bawah, istriku akan
membawakan makanan dan minuman untukku. Hari pertama ia tidak mendengar
ketukan, hari kedua juga begitu. Akhirnya ia merasa sangat khawatir dan membuka
pintu dan menemukan Aku terbaring di sana tanpa gerakan. Ia berlari menuju
Syekh Syarafuddin QS dan berkata, ‘Mari dan lihatlah anakmu. Ia terlihat
seperti orang yang sudah meninggal. Beliau berkata kepadanya, ‘Ia tidak
meninggal. Kembalilah, dan jangan berbicara kepada siapa pun. Ia akan kembali.’
“Setelah tiga hari dan empat malam
menempuh perjalanan dengan kekuatan yang luar biasa, Syah Naqsyband QS
berhenti. Beliau berkata, ‘Tahukah kamu siapa yang tampak di cakrawala itu?’
Tentu saja aku tahu, tetapi untuk menghormati Guru, aku berkata, ‘Wahai Guruku,
engkau paling tahu.’ Lalu ketika orang itu mendekat beliau berkata, ‘Sekarang
apakah kamu mengenalinya?’ Aku berkata lagi, ‘Engkau lebih tahu, wahai Guruku,’
walaupun Aku melihat itu adalah Syekhku. Beliau berkata, ‘Itu adalah Syekhmu,
Syekh Syarafuddin QS.
“Tahukah kamu siapa makhluk yang berada
di belakangnya?’ menunjuk kepada suatu makhluk raksasa yang lebih besar
daripada gunung yang paling tinggi di bumi ini, yang beliau tarik dengan sebuah
tali. Untuk menghormatinya aku berkata lagi, ‘Engkau paling tahu, wahai
Syekhku.’ Beliau berkata, ‘Itu adalah Setan, dan Syekhmu diberi kekuasaan
atasnya, belum ada orang yang diberi otorisasi semacam itu sebelumnya.
Sebagaimana setiap wali diberi kekuasaan atas sesuatu yang khusus, begitu pula
Syekhmu. Bidang khususnya adalah bahwa setiap hari dan setiap malam, atas nama
seluruh orang yang telah melakukan dosa karena pengaruh Setan, Syekhmu diberi
otorisasi untuk membersihkan orang-orang itu atas dosa-dosa mereka,
mengembalikan dosa itu kepada Setan, dan membawa orang-orang itu dalam keadaan
bersih kepada Rasulullah SAW. Kemudian dengan kekuatan spiritualnya, beliau
mengangkat hati mereka, mempersiapkan mereka agar bisa masuk ke dalam lingkaran
cahaya yang akan Aku sebarkan di Hari Pembalasan nanti. Aku akan mengisi empat
surga dengan cara ini. Inilah yang menjadi spesialisasi Syekh Syarafuddin QS.
Selain itu, orang-orang yang tidak termasuk dalam keempat Surga tersebut akan
memasuki Perantaraan Syekh Syarafuddin QS, dengan seizin Rasulullah SAW yang
telah diberi kekuatan ini oleh Allah SWT. Ini adalah kekuasaan yang luar biasa
yang telah diberikan kepada Syekh Syarafuddin QS. Ketika beliau merantai leher
Setan, beliau membatasi pengaruh dosa di bumi ini.”
“Kemudian beliau berkata, kamu menanam
benih cinta yang ada di hatimu. Seperti halnya kincir air yang mengairi sepetak
sawah tetapi tidak bisa mengairi dua petak sawah, cinta yang kamu tumbuhkan
terhadap Syekhmu seharusnya hanya untuk Syekhmu. Jika kamu membaginya untuk dua
orang Syekh, mungkin cinta itu tidak akan mencukupi, seperti halnya kincir air
yang tidak bisa mengairi dua petak sawah. Jangan berikan hatimu kebebasan untuk
pergi ke sana ke mari. Cintamu akan mencapaiku melalui Mata Rantai Emas dan
akan berlanjut kepada Rasulullah SAW. Jangan membagi dua cintamu untuk kami
berdua. Sebelumnya tak seorang wali pun yang diberi otorisasi seperti yang
diberikan kepada Syekhmu untuk umat Muhammad SAW, untuk seluruh umat manusia.’”
“Kemudian Syah Naqsyband QS membawaku
kembali menempuh perjalanan dengan kekuatan yang luar biasa, selama empat hari
dan tiga malam. Aku kembali ke tubuhku lagi. Aku merasakan jiwaku memasuki
tubuhku dan aku menyaksikan jiwaku masuk ke dalam tubuhku sedikit demi sedikit,
sel demi sel, dan melalui penglihatan itu aku bisa mengerti fungsi dari setiap
sel. Kemudian penglihatan spiritual itu berhenti dan aku mengetuk pintu agar
istriku membawakan makanan dan minuman untuk memberi energi bagi tubuhku.
Itulah pengungkapan Syah Naqsyband QS mengenai Syekhku, Syekh Syarafuddin QS.”
Salah satu murid Syekh Syarafuddin QS
yang berusia 120 tahun dan tinggal di Bursa, Eskici Ali Usta, melaporkan,
“Syekhku adalah seorang Syekh yang luar
biasa. Suatu saat ketika aku masih muda, aku berada di Istanbul, dan baru saja
melakukan bay’at dengan Syekh Syarafuddin QS. Kemudian aku bertemu
dengan salah seorang teman dari Daghestan yang keras kepala dan tidak percaya
dengan Sufisme. Aku bermaksud untuk berbicara dan melunakkan hatinya dengan
menceritakan keajaiban yang dimiliki Syekhku. Ternyata ia lebih meyakinkan dan
bisa mengubah keyakinanku. Aku lalu menggantung tasbihku di dinding dan
berhenti berzikir. Beberapa saat kemudian aku sudah dikuasai hawa nafsu dan
melakukan dosa besar dua kali.”
“Seminggu kemudian, aku pergi ke
Sirkici dan melihat Syekh dalam perjalanan. Beliau juga sedang berjalan kaki di
distrik itu, dalam perjalanannya menuju Rasyadiya. Ketika aku melihatnya datang
dari satu sisi, aku berpindah ke sisi yang lain dan berusaha untuk
menghindarinya. Ketika aku bersembunyi di ujung jalan, aku merasakan sebuah
tangan menempel di bahuku dan Syekh berbicara kepadaku, ‘Mau kemana, wahai
Ali?’ Aku kembali bersamanya dan di tengah perjalanan aku berpikir, ‘Aku tidak
bisa menyembunyikan diriku lagi terhadap Syekh dan Syekh tidak dapat membawaku
kembali lagi.”
“Kami melanjutkan perjalanan sampai
bertemu dengan orang yang bernama Huseyyin Effendi. Syekh berkata kepadaku,
‘Ketika kamu pertama kali datang kepadaku, Aku melihatmu dan menemukan karakter
buruk dalam dirimu. Setiap orang mempunyai karakter baik yang bercampur dengan
karakter buruk. Ketika kamu melakukan bay’at seluruh perbuatan buruk
yang telah kamu lakukan sebelumnya, Aku ganti dengan perbuatan baik. Kecuali
dua hal, yaitu hasrat seksual dan kemarahan. Minggu lalu kami hilangkan kedua
karakter buruk itu dari dirimu.’ Ketika beliau mengucapkan hal itu, Aku sadar
bahwa beliau telah duduk bersamaku dan melihat hasrat seksual dan kemarahanku,
Aku mulai menangis, menangis, dan menangis. Ketika Aku menangis, Syekh
Syarafuddin QS mulai berbicara dengan orang yang bernama dengan Huseyyin dalam
bahasa yang tidak pernah aku dengar sebelumnya, padahal aku berasal dari
Daghestan dan aku mengetahui semua bahasa di daerahku. Akhirnya aku tahu bahwa
Syekh Syarafuddin QS berbicara dalam bahasa Syriac, bahasa yang paling
jarang digunakan.
“Setelah dua jam menangis, beliau
berkata, ‘Cukup! Allah SWT telah mengampunimu, Rasulullah SAW juga telah
mengampunimu.’ Aku berkata, ‘Wahai Syekhku, apakah engkau benar-benar
mengampuniku? Apakah Rasulullah SAW telah mengampuniku? Apakah Allah SWT telah
mengampuniku? Apakah para Syekh yang matanya terbuka telah mengampuniku? Dulu
Aku berpikir bahwa Aku melakukan perbuatan itu sendirian, tetapi sekarang Aku
tahu bahwa engkau semua melihatku.’ Beliau berkata, ‘Wahai anakku, kita adalah
hamba-hamba yang berada di depan pintu Rasulullah SAW dan di depan pintu Allah
SWT. Apapun yang kita minta dari Mereka, Mereka akan menerima permintaan kita
karena kita berada dalam hadiratnya dan kita adalah Satu.’ Aku berkata,
‘Sebagai suatu itikad baik, karena Aku telah diampuni, bagaimana Aku bisa
bersyukur kepada Allah SWT dan memberi kehormatan kepadamu dan kepada
Rasulullah SAW? Apakah dengan jalan merayakan mawlid (Kelahiran Rasulullah
SAW), atau berkurban, atau mengeluarkan sedekah lainnya?’ Beliau berkata, ‘Apa
yang kami inginkan darimu adalah agar kamu senantiasa melakukan zikir Tarekat
Naqsybandi.’
Inilah apa yang terjadi pada diriku bersama
Syekh Syarafuddin QS.”
Salah satu teman Eskici Ali Usta yang
telah bermigrasi dengannya dari Daghestan menerima sepucuk surat dari Syekh
Syarafuddin QS ketika ia masih berada di Daghestan, isinya berbunyi,
“Tinggalkan Daghestan. Tidak ada lagi spiritualitas di sana. Daghestan tidak
lagi berada di bawah lindungan Ilahi karena di sana terlalu banyak tirani.
Datanglah ke sini ke Turki, dan ke Rasyadiya.” Orang itu meletakkan surat dari
Syekh, mengabaikannya dan berpikir, “Bagaimana Aku meninggalkan semua
kekayaanku dan semua yang kumiliki di sini?” Beberapa saat kemudian Rusia
menguasai kota itu dan menyita semua kekayaannya. Lalu ia teringat dengan surat
yang dikirim oleh Syekh. Akhirnya ia segera menyusun rencana untuk melarikan
diri ke Turki dan ke Rashadiya. Namun ia telah kehilangan keluarga dan semua
kekayaannya akibat penundaannya itu.
Suatu kali Syekh Syarafuddin QS datang
ke Istanbul dan tinggal di Hotel Massarat. Beliau ditanya oleh seseorang yang
bernama Syekh Zia, “Bagaimana engkau akan meninggal?” Beliau menjawab, “Apakah
pertanyaan itu penting bagimu, bagaimana Aku akan meninggal?” Ia menjawab,
“Pertanyaan itu datang begitu saja ke dalam hatiku.” Beliau berkata, “Aku akan
meninggal ketika kita mendapat serangan dari Armenia, dan pada saat itu banyak
sekali orang-orang yang zalim.” Malam harinya Syekh Zia berwudu lalu salat 2
rakaat dan berdoa kepada Allah SWT, “Ya Allah, singkirkanlah kesulitan itu
(invasi dari Armenia) dari kami, dan panjangkan usia Syekh kami yang tercinta.”
Hari berikutnya Syekh Syarafuddin QS berkata kepadanya, “Wahai Syekh Zia, apa
yang telah kamu lakukan semalam, berdoa? Doamu telah dikabulkan. Kesulitan itu
telah dicabut dari diriku tetapi sebagai gantinya kamu akan menderita dan
meninggal sebagai syuhada.” Delapan tahun setelah insiden di hotel itu, bangsa
Armenia dan Yunani memasuki Rasyadiya. Zia Effendi tertembak mati, dan apa yang
telah diprediksi oleh Syekh Syarafuddin QS semuanya terjadi.
Yusuf Effendi, seorang yang pada tahun
1994 berusia sekitar 100 tahun, menceritakan kisah berikut,
“Suatu ketika Syekh Syarafuddin QS
ditahan di Eskisehir, dan Aku adalah penjaganya. Di penjara itu terdapat pula
orang yang sangat baik sifatnya, seorang Syekh yang terkenal, Sa’id Nursi QS.
Syekh Syarafuddin QS dipenjara bersama khalifahnya, Syekh `Abdullah QS, dan
murid-murid yang lain. Ketika Sa’id Nursi QS mengetahui bahwa Syekh Syarafuddin
QS ditahan dalam penjara yang sama, beliau mengutus muridnya untuk bertanya
apakah beliau membutuhkan sesuatu dan juga menawarkan bantuan. Syekh
Syarafuddin QS menjawab, ‘Terima kasih, tetapi kami bukan siapa-siapa dan kami
tidak memerlukan apa-apa.’”
“Murid Sa’id Nursi QS terus mendatangi
Syekh Syarafuddin QS, bertanya apakah beliau memerlukan sesuatu. Beliau selalu
menolaknya. Suatu hari Syekh Syarafuddin QS berkata kepada murid itu untuk
menyampaikan pertanyaan kepada Syekhnya, ‘Mengapa kita berada di sini?’ Murid
Sa’id Nursi QS itu pergi menemui gurunya. Beliau menjawab, ‘Kita berada di sini
untuk mencapai maqam Sayyidina Yusuf AS, Maqam Pilihan Diam.’ Setelah murid itu
bertanya dan Syekh Sa’id Nursi QS memberi jawaban, pembicaraannya pun
berakhir.”
“Perubahan ini membuatku bingung dan
Aku mulai merenungkannya secara mendalam. Kemudian Aku bertanya kepada Syekh,
‘Apa rahasia keberadaanmu di sini?’ Akhirnya, atas desakanku, Syekh Syarafuddin
QS menjawab, ‘Aku diutus ke sini untuk membawa rahasia orang banyak,
orang-orang yang dipenjarakan tanpa sebab. Aku memberi dukungan kepada
orang-orang ini. Allah SWT mengutusku ke sini, karena kamu semua berkumpul di
sini, dan sangat sulit mencapai kalian. Saya berada di sini untuk mengucapkan
salam perpisahan kepadamu, karena kami segera akan meninggalkan dunia ini. Kami
akan mengantarkan kepadamu rahasia-rahasia kamu. Bagi kami tidak ada istilah
penjara, kami selalu berada dalam Hadirat-Nya dan kami tidak pernah terpengaruh
dengan penjara. Kalian semua akan meninggal beberapa saat lagi tetapi kalian
akan bertemu lagi, ketika seorang tokoh penting meninggal dan barulah kalian
semua akan bertemu kembali.’ Murid-murid Sa’id Nursi QS mendengar hal ini
sebagaimana para tahanan lain yang mendengarkan dengan penuh antusias.”
Mengenai Wafatnya
Setelah sekitar tiga bulan, beliau
dibebaskan dari penjara. Beliau berkata kepada Syekh 'Abdullah QS, “Aku akan
segera pergi, karena Aku terlalu menguras tenagaku mensarikan rahasia Surat
al-An'am.” Beliau meninggalkan wasiat baginya, dan menunjuk Syekh 'Abdullah QS
untuk menjadi penerusnya di Singgasana Pembimbing.
Tiga hari menjelang wafatnya, beliau
memanggil Sultan ul-Awliya Mawlana Syekh 'Abdullah al-Faiz ad-Daghestani QS
beserta beberapa pengikutnya, kemudian beliau berkata, “Selama tiga bulan Aku
telah menyelami Samudra Surat al-An'am untuk mengeluarkan seluruh nama dari
Tarekat Naqsybandi yang berjumlah 7007 dari salah satu ayatnya. Alhamdulillah,
Aku berhasil mendapatkan nama-nama mereka beserta seluruh gelarnya dan Aku
telah mencatatnya pada catatan harianku yang Aku berikan kepada penerusku,
Syekh 'Abdullah QS. Ia berisikan nama-nama seluruh wali dari beragam kelompok
yang akan ada pada masanya Imam Mahdi AS.”
Keesokan harinya beliau memanggil
khalifahnya, Syekh 'Abdullah ad-Daghestani QS dan berkata, "Wahai anakku,
inilah wasiatku. Aku akan pergi dalam dua hari ini. Atas perintah Rasulullah
SAW, Aku menunjukmu sebagai penerusku dalam Tarekat Naqsybandi, bersamaan
dengan lima tarekat lain yang telah kuterima dari pamanku. Seluruh rahasia yang
pernah diberikan kepadaku dan seluruh kekuatan yang telah disandangkan kepadaku
dari para pendahuluku di Tarekat Naqsybandi dan kelima tarekat lainnya, kini
kusandangkan kepadamu. Seluruh pengikut yang kau bay’at di Tarekat
Naqsybandi, juga dengan sendirinya akan di-bay’at di lima tarekat
lainnya dan juga akan mendapatkan rahasia mereka. Segera, akan datang kepadamu
perintah untuk meninggalkan Turki dan pergi menuju Damaskus (Syam asy-Syarif)
[yang pada saat itu amatlah sulit untuk dicapai karena peperangan yang
dahsyat].”
Syekh 'Abdullah QS berkata, “Beliau
memberikan wasiat tersebut dan Aku berusaha menyembunyikannya sebagaimana Aku
ingin menyembunyikan diriku sendiri.”
Beliau wafat pada tanggal 27 Jumadil
Awwal, Ahad, 1355H/ 1936 di Rasyadiya. Beliau dimakamkan di pemakaman
Rasyadiya, di suatu puncak bukit. Hingga kini masjid dan zawiyahnya masih
terbuka, dan banyak orang mengunjunginya untuk mendapatkan rahmat dan
berkahnya. Awrad yang sama yang dulu dikerjakan Syekh Syarafuddin QS, Khatam
Khwajagan (Zikir para Guru) masih ada di sana, tergantung di dinding.
Grandsyekh kita, Syekh 'Abdullah QS,
khalifah dan penerus Sayyidina Syekh Syarafuddin QS berkata, “Ketika berita
wafatnya diketahui, semua orang datang ke rumahnya untuk mendapatkan berkahnya.
Bahkan Ataturk, Presiden Republik Turki yang baru, mengirimkan delegasi
kehormatannya. Kami memandikan jasadnya. Ketika kami membaringkannya untuk
dimandikan, beliau memindahkan kedua tangannya ke pahanya untuk menampung air
yang tercurah darinya ketika kami memandikannya, sehingga semua pengikutnya
dapat minum dari air pemandian tersebut. Ketika semua pengikutnya telah selesai
minum, beliau kembali memindahkan tangannya kembali ke tempat semula. Itulah
keajaiban dari Samudra Keajaibannya, dan itu terjadi bahkan setelah
kematiannya.”
“Ketika kami menguburkan jenazahnya
keesokan harinya, lebih dari 300.000 orang datang ke pemakamannya dan kota pun
tidak mampu mengakomodasi kerumunan massa tersebut. Mereka datang dari Yalova,
Bursa dan Istanbul. Sungguh merupakan kerumunan orang berduka yang dahsyat.
Para lelaki menangis, para wanita meraung, anak-anak pun menangis juga. Semoga
Allah SWT Yang Maha Kuasa mengangkat para walinya di setiap abad.”
Yusuf Effendi, salah seorang
pengikutnya berkata, “Memang benar bahwa kami tidak pernah bersama-sama dengan
seluruh pengikutnya di suatu tempat yang sama--kami terlalu banyak--namun pada
saat kematiannya, seluruh kota mendengar, Bursa, Adapazar, Yalova, Istanbul,
Eskisehir, Orhanghazi, Izmir, dan seluruh penduduknya bergabung untuk
menyelenggarakan shalat jenazah.”
Syekh Syarafuddin QS telah menulis
banyak buku, namun semuanya hilang selama Perang Balkan. Namun demikian, banyak
manuskrip yang masih tertinggal di keluarganya yang berisi rahasia dari Tarekat
Naqsybandi. Para pengikutnya mendatangi mereka untuk membaca buku-buku
tersebut.
Beliau mewariskan Rahasianya kepada
penerusnya, Sultan ul-Awliya, Mawlana wa Sayyidina Syekh 'Abdullah al-Faiz
ad-Daghestani QS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar