Dikutip dari buku al-Fawaaidul Mukhtaaroh
Diceritakan
bahwa Ibnu Abiy as-Shoif al-Yamaniy berkata, “Sesungguhnya bulan
Sya’ban adalah bulan sholawat kepada Nabi saw, karena ayat Innallooha wa
malaaikatahuu yusholluuna ‘alan Nabiy … diturunkan pada bulan itu. (Ma
Dza Fiy Sya’ban?)
Tuanku
Kanjeng Syaikh‘Abdul Qadir al-Jailaniy berkata, “Malam Nishfu Sya’ban
adalah malam yang paling mulia setelah Lailatul Qodr.” (Kalaam Habiib
‘Alwiy bin Syahaab)
Konon
Sayidina Ali bin Abi Tholib Karromalloohu Wajhah meluangkan waktunya
untuk ibadah pada 4 malam dalam setahun, yakni: malam pertama bulan
Rojab, malam 2 hari raya, dan malam Nishfu Sya’ban. (Manhajus Sawiy dan Tadzkiirun Nas)
Al-Imam
As-Subkiy.rhm berkata, bahwa malam Nishfu Sya’ban menghapus dosa
setahun, malam Jum’at menghapus dosa seminggu, dan Lailatul Qodr
menghapus dosa seumur hidup.
Diriwayatkan
kapadaku bahwa Sahabat Nabi Usamah bin Zaid.ra berkata kepada Nabi SAW,
“Ya Rasulullah, aku belum pernah melihat engkau berpuasa di bulan lain
lebih banyak dari puasamu di bulan Sya’ban.”
Kata Nabi, “Bulan itu sering dilupakan orang, karena diapit oleh bulan Rajab dan Ramadhan, padahal pada bulan itu, diangkat amalan-amalan (dan dilaporkan) kepada Tuhan Rabbil Alamin. Karenanya, aku ingin agar sewaktu amalanku dibawa naik, aku sedang berpuasa.” (HR Ahmad dan Nasai - Sunah Abu Dawud).
Adapun keutamaan bulan Sya’ban lainnya akan lebih jelas lagi dalam hadis-hadis berikut:
Hadis Pertama
Aisyah
RA bercerita bahwa pada suatu malam dia kehilangan Rasulullah SAW, ia
keluar mencari dan akhirnya menemukan beliau di pekuburan Baqi’, sedang
menengadahkan wajahnya ke langit. Beliau
berkata, “Sesungguhnya Allah Azza Wajalla turun ke langit dunia pada
malam Nishfu Sya’ban dan mengampuni (dosa) yang banyaknya melebihi
jumlah bulu domba Bani Kalb.” (HR Turmudzi, Ahmad dan Ibnu Majah)
Hadis Kedua
Diriwayatkan
oleh Abu Musa Al-Asy’ari RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “
“Sesungguhnya Allah pada malam Nishfu Sya’ban mengawasi seluruh
mahluk-Nya dan mengampuni semuanya kecuali orang musyrik atau orang yang
bermusuhan.” (HR Ibnu Majah)
Hadis Ketiga
Diriwayatkan
dari Ali bin Abi Thalib KW bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika malam
Nishfu Sya’ban tiba, maka salatlah di malam hari, dan berpuasalah di
siang harinya, karena sesungguhnya pada malam itu, setelah matahari
terbenam, Allah turun
ke langit dunia dan berkata, ‘Adakah yang beristighfar kepada Ku, lalu
Aku mengampuninya, Adakah yang memohon rezeki, lalu Aku memberinya
rezeki , adakah yang tertimpa bala’, lalu Aku menyelamatkannya, adakah
yang begini (2x), demikian seterusnya hingga terbitnya fajar.” (HR Ibnu Majah).
PENGERTIAN SYA'BAN
Bulan Sya’ban merupakan bulan kedua setelah bulan Rajab. Bulan Sya’ban
juga merupakan bulan yang penuh dengan keberkatan. Sebahagian ahli hikmah
menyatakan bahawa sesungguhnya bulan Rajab adalah kesempatan untuk meminta
ampun dari segala dosa, dan pada bulan Sya’ban adalah kesempatan untuk
memperbaiki diri dari segala macam cela dan pada bulan Ramadhan adalah masa
untuk menerangkan hati dan jiwa.
Sya’ban dimengertikan sebagai berpecah-pecah atau berpuak-puak.
Dikatakan masyarakat Quraisy pada waktu itu berpecah kepada beberapa kumpulan
untuk mencari sumber air di padang pasir. Dan apabila datangnya Rasulullah
S.A.W, baginda mengekalkan nama itu sehinggalah sekarang. Rasulullah S.A.W
telah menyebut tentang pelbagai kelebihan bulan Sya’ban dalam hadis-hadisnya.
Diantara hadis yang paling masyhur ialah; Rasulullah S.A.W bertanya kepada
sahabat-sahabatnya;
“Tahukah kamu sekelian mengapa dinamakan dengan bulan Sya’ban?”
Para sahabat menjawab, “Allah dan RasulNya lebih mengetahui” Sabda Rasulullah
S.A.W, “Kerana dalam bulan itu berkembanglah kebaikan yang banyak sekali.”
(Dipetik dari kitab Raudatul Ulama)
MALAM NISFU SYA'BAN
Nisfu dalam bahasa arab berarti setengah. Nisfu Sya'ban bererti
setengah bulan Sya’ban. Malam Nisfu Sya'ban adalah malam lima-belas Sya’ban
iaitu siangnya empat-belas haribulan Sya'ban. Maka, Nisfu Sya'ban adalah
peristiwa hari ke-15 dalam bulan Sya’ban tahun Hijrah. Umat Islam mempercayai
yang pada malam Nisfu Sya'ban, amalan akan dibawa naik oleh malaikat untuk
ditukar dengan lembaran amalan yang baru setelah setahun berlalu.
Nabi Muhammad s.a.w. menggalakkan umatnya untuk bangun malam dan
berjaga serta beriktikaf sepanjang malam kerana tidak mahu amalan diangkat
dalam keadaan tidur atau lalai. Malam Nisfu Sya'ban merupakan malam yang penuh
berkat dan rahmat selepas malam Lailatul qadr. Saiyidatina Aisyah r.a.
meriwayatkan bahawa Nabi S.A.W tidak tidur pada malam itu sebagaimana yg
tersebut dalam sebuah hadis yg diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi r.a:
“Rasulullah S.A.W telah bangun pada malam (Nisfu Sya'ban) dan bersembahyang dan
sungguh lama sujudnya sehingga aku fikir beliau telah wafat. Apabila aku
melihat demikian aku mencuit ibu jari kaki Baginda S.A.W dan bergerak. Kemudian
aku kembali dan aku dengar Baginda S.A.W berkata dlm sujudnya, “Ya Allah aku
pohonkan kemaafanMu daripada apa yg akan diturunkan dan aku pohonkan
keredhaanMu daripada kemurkaanMu dan aku berlindung kpdMu daripadaMu. Aku tidak
dapat menghitung pujian terhadapMu seperti kamu memuji diriMu sendiri.” Baginda
Rasulullah sendiri telah menggalakkan kita agar beramal pada malam kemuliaan
nisfu sya'ban dengan sabdanya :
Artinya : “ Apabila tiba malam Nisfu Sya’ban , maka hendaklah
kalian bangun pada malamnya (melakukan ibadat) dan berpuasa pada siangnya, ini
kerana Allah swt (turun merahmati hamba-hambaNya) pada malam tersebut mulai
dari terbenamnya matahari ke langit dunia. Allah swt berfirman ” Adakah dari
kalangan hamba-hambaKu yang memohon keampunan, maka akan Ku ampunkannya. Adakah
dari kalangan mereka yang memohon rezeki , maka akan Ku turunkan rezeki
untuknya. Adakah dari kalangan mereka orang yang ditimpa bala, maka akan Ku
sejahterakannya. Adakah dari kalangan mereka yang begini dan adakah dari
kalangan mereka yangt begini sehinggalah terbit Fajar “.
Setelah Baginda S.A.W selesai sembahyang, Baginda berkata kpd
Saiyidatina Aisyah r.a. “Malam ini adalah malam Nisfu Sya'ban. Sesungguhnya
Allah Azzawajjala telah datang kepada hambanya pada malam Nisfu sya'ban dan
memberi keampunan kepada mereka yang beristighfar, memberi rahmat ke atas
mereka yang memberi rahmat dan melambatkan rahmat dan keampunan terhadap orang2
yang dengki.”
Hari nisfu Sya'ban adalah hari dimana buku catatan amalan kita
selama setahun diangkat ke langit dan diganti dengan buku catatan yang baru.
Catatan pertama yang akan dicatatkan dibuku yang baru akan bermula pada masuk
waktu maghrib, (15 Sya'ban bermula pada 14 hari bulan Sya’ban ketika masuk
maghrib).
Di antara amalan-amalan yang digalakkan/dianjurkan pada bulan
Sya'ban adalah :
Memperbanyakkan puasa sunat
Sebagaimana yang telah dijelaskan terdahulu bahawa Rasulullah
S.A.W lebih gemar untuk berpuasa sunat dalam bulan Sya’ban berbanding dengan
bulan-bulan yang lain. Justru itu adalah patut bagi kita selaku umat Baginda
mencontohinya dalam memperbanyakkan puasa sunat bagi menyemarak dan
mengagungkan bulan Sya'ban ini. Begitulah tingginya pekerti Nabi Muhammad nabi
junjungan kita.
Di dalam kitab Durratun Nasihin ada menyebut sebuah hadis yang
menyatakan bahawa Rasulullah S.A.W. bersabda yang maksudnya: "Barangsiapa
berpuasa tiga hari pada permulaan Sya'ban dan tiga hari pada pertengahan Sya’ban
dan tiga hari pada akhir Sya’ban, maka Allah Taala mencatat untuknya pahala
seperti pahala tujuh puluh nabi dan seperti orang-orang yang beribadat kepada
Allah Taala selama tujuh puluh tahun dan apabila dia mati pada tahun itu maka
dia seperti orang yang mati syahid."
Memperbanyak doa, zikir dan berselawat kepada Rasulullah S.A.W.
Kita sebagai umat Islam juga digalakkan untuk memperbanyak doa,
zikir, dan berselawat kepada Rasulullah S.A.W. Sabda Rasulullah S.A.W.:
"Barangsiapa yang mengagungkan bulan Sya’ban, bertaqwa kepada Allah, taat
kepada-Nya serta menahan diri dari perbuatan maksiat, maka Allah Taala
mengampuni semua dosanya dan menyelamatkannya di dalam tahun itu dari segala
macam bencana dan penyakit." (Dipetik dari kitab Zubdatul Wa'izhin)
Bertaubat
Kita juga digalakkan untuk melalukan taubat kepada Allah SWT.
Diriwayatkan dari Umamah Al Bahili Radiallahuanhu, dia berkata: Rasulullah
S.A.W. bersabda yang maksudnya: "Manakala masuk bulan Sya’ban, sukacitalah
dirimu dan perbaiki niatmu." Sabda Nabi s.a.w. : Apabila masuk bulan Sya’ban,
baikkanlah niatmu padanya, kerana kelebihan Sya’ban atas segala bulan seperti
kelebihanku atas kamu. Barangsiapa berpuasa sehari pada bulan Sya’ban,
diharamkan Allah tubuhnya dari api neraka. Dia akan menjadi tauladan Nabi Allah
Yusuf a.s.di dalam syurga. Diberi pahala oleh Allah seperti pahala Nabi Allah
Ayub a.s. dan Nabi Daud a.s. Jika dia sempurnakan puasanya sebulan di bulan Sya’ban,
dimudahkan Allah atasnya Sakaratulmaut dan ditolakkan (terlepas) daripadanya
kegelapan di dalam kubur, dilepaskan daripada huru-hara Mungkar dan Nakir,
ditutup Allah keaipannya di hari kiamat dan diwajibkan syurga baginya.
Barangsiapa berpuasa pada awal hari khamis pada bulan Sya’ban dan akhir Khamis
daripada Sya’ban, dimasukan dia ke dalam syurga. (dari kitab Al-Barakah).
Berkata Siti Aisyah r.a., bulan yang lebih dikasihi oleh Rasululah s.a.w. ialah
bulan Sya’ban.”
Sabda Nabi s.a.w.: “Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah
bulan umatku. Sya’ban ialah mengkifaratkan (menghapuskan) dosa dan Ramadhan
ialah menyucikan dosa (jasmani rohani). Sabda Nabi s.a.w.: “Bahwa puasa
Syaba'an kerana membesarkan Ramadhan. Siapa yang berpuasa tiga hari daripada
bulan Sya’ban, kemudian dia bersalawat atasku beberapa kali sebelum berbuka
puasa maka di ampunkan oleh Allah dosanya yang telah lalu, diberkatikan rezeki
baginya” antara lain sabdanya lagi: “Bahwa Allah Ta'ala membukakan pada bulan
itu tiga ratus pintu rahmat”.
PERISTIWA PENTING DI BULAN SYA’BAN
Mengenali bulan Sya’ban tanpa mengetahui peristiwa penting yang
berlaku di bulan Sya’ban terasa tidak lengkap. Terdapat beberapa peristiwa
penting yang berlaku sepanjang bulan Sya’ban. Antaranya ialah malam Nisfu Sya’ban,
penukaran arah kiblat, dan peperangan bani Mustaliq.
Peristiwa
Sejarah di Bulan Sya’ban dan Beberapa Keistimewaannya
(Disadur
dari buku “Maa dza Fii Sya’ban” karya Prof DR Muhammad bin Alwi Al Maliky)
1. Pemindahan Arah Qiblat dari Baitul Maqdis ke Ka’bah Hal ini ditegaskan oleh Allah dalam firman-Nya (QS Al Baqarah : 144) “Sungguh Kami melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Al Kitab memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.” Penantian Rasulullah tidak sia-sia setelah beliau sering menengadahkan wajah beliau ke langit berharap turunnya perintah peralihan arah qiblat, Allah mengabulkan keinginan hati beliau. Berkata Sayidatuna Aisyah r.a. : “Tidaklah aku memperhatikan Robb-mu terkecuali Dia bersegera memenuhi kehendak hatimu.” (HR Bukhori) 2. Bulan Shalawat Nabi Pada bulan ini Allah menitahkan firman-Nya : “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS Al Ahzab:56) Karenanya para ulama mengatakan bahwa sholawat adalah ibadah yang paling afdhol karena tidak saja diperintahkan kepada kaum mukmin, namun untuk itu Allah memberikan tauladannya. Banyak keutamaan-keutamaan yang berkaitan dengan Sholawat Nabi ini yang tentunya seorang mukmin tidak akan menyia-nyiakan tibanya Bulan Sya’ban ini dengan memperbanyak sholawat kepada Rasulullah SAW. 3. Bulan Al-Qur’an Berkata Syekh Ibn Rajab Al Hambaly kami meriwayatkan dengan sanad dhoif dari Sahabat Anas r.a. yang berkata, “Jika telah tiba bulan Sya’ban, kaum muslimin (pada masa beliau) menekuni mushaf mereka dan membacanya. Mereka juga mengeluarkan zakat harta mereka sebagai dorongan moril dan materiil terhadap kaum miskin dan papa agar mereka bisa berpuasa di bulan Ramadhan.” Banyak para salaf jika telah tiba bulan Sya’ban mereka meningkatkan pembacaan Al-Qur’an mereka seraya mengatakan, “Ini adalah bulan para pembaca Al Qur’an.” 4. Bulan dimana Taqdir Usia Ditampakkan Ketika Sayidatuna Aisyah berkomentar tentang bulan Sya’ban yang paling disukai oleh Rasulullah untuk berpuasa. Beliau SAW menjawab, “Sesungguhnya Allah menentukan di bulan ini setiap jiwa yang akan meninggal di tahun tersebut. Dan aku ingin jikalau ajal menjelang, dalam keadaan berpuasa.” (HR Abu A’la) 5. Bulan Puasa Sunnah Suatu ketika Rasulullah ditanya : puasa apa yang afdhol setelah puasa Romadhon? “Puasa bulan Sya’ban untuk mengagungkan tibanya Romadhon,” jawab Rasulullah SAW. Dan dari berbagai sumber diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW banyak berpuasa di bulan Sya’ban bahkan terkadang berpuasa satu bulan penuh. 6. Malam Nisyfu Sya’ban Pada malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan ini, Allah membentangkan hamparan ampunan dan rahmatnya secara merata. Hingga Dia berkenan mengampunkan para pendosa yang mengharapkan ampunan, mengasihi mereka yang berharap kasih sayang memenuhi permohonan orang-orang yang berdoa. Banyak hadits-hadits yang berkaitan dengan keutamaan malam itu. Yang pada intinya mengisyaratkan betapa besar perhatian Allah terhadap hamba-hamba-Nya yang dicurahkan pada malam tersebut hingga berkenan mengampunkan semua makhluk-Nya terkecuali orang yang musyrik dan orang yang menumbuhkan rasa permusuhan) mengenai status hadits-haditsnya, telah dikupas secara panjang lebar oleh pengarang dalam bukunya tersebut, bisa ditelaah kembali bagi yang berminat). Pada malam tersebut para salaf umumnya menganjurkan keluarga dan murid-muridnya berkumpul untuk berdoa dan menghidupkan malam tersebut dengan berbagai kegiatan yang bernuansa ibadah.
Berdoa di Bulan Sya`ban
Malam Nishfu Sya`ban pada khususnya dan
bulan Sya`ban pada umumnya merupakan kesempatan yang besar dan waktu yang mulia
untuk beribadah. Malam tersebut adalah waktu mulia yang penuh keberkahan,
ketika seorang muslim harus memperbanyak
berbagai kebaikan dan kebajikan.
Doa termasuk pintu kelapangan yang terpenting dan merupakan kunci kebutuhan, tempat berlindung orang yang tengah dilanda kesulitan, dan jalan keluar orang yang terdesak kebutuhan. Allah memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa, "Berdoalah
kepada Tuhanmu dengan berendah
diri dan suara yang lembut." (QS AI-Ghafir: 60).
Rasulullah
SAW telah memberi kabar gembira kepada seorang laki-laki yang diberikan
kemampuan untuk berdoa bahwa ia termasuk orang yang dirahmati. Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa di
antara kalian dibukakan pintu doa, berarti
dibukakan pula pintu-pintu rahmat. Dan
tidak ada permintaan yang lebih disukai
Allah kecuali kesehatan." (HR
At-Tirmidzi dan AI-Hakim).
Rasulullah
SAW juga bersabda, "Doa adalah senjata
orang mukmin, pilar-pilar agama,
serta cahaya langit dan bumi." Hadits ini diriwayatkan oleh
Al-Hakim; dan ia menyatakan, hadis ini sanadnya shahih.
Rasulullah SAW bersabda, "Maukah aku tunjukkan sesuatu yang dapat
menyelamatkan kalian dan musuh dan melancarkan
rezeki kalian? Berdoalah kepada Allah siang dan malam. Karena, doa adalah senjata orang mukmin." (HR Abu Yas la).
Dalam
hadits lain disebutkan, "Sesungguhnya
Allah Maha Hidup dan Maha Mulia. Dia
`rnalu' jika ada seseorang yang
mengangkat tangannya berdoa, lalu ditolak dengan tangan kosong tanpa harapan." Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Daud, At-Tirmidzi (yang menganggapnya hasan), Ibn Majah, dan Ibn Hibban dalam Shahihnya. Juga
diriwayatkan oleh Al-Hakim, ia
mengatakan, "Hadits ini shahih dengan persyaratan Al-Bukhari dan Muslim."
Rasulullah SAW menjelaskan cara
agar doa diterima. Beliau juga menegaskan, semua hasil doa itu baik
untuk orang
yang berdoa, baik diketahui maupun tidak. Artinya, terkadang ia mendapatkan
hasilnya segera, dan terkadang ditunda.
Rasulullah SAW menjelaskan dengan
terperinci dalam sabdanya,
"Setiap doa seorang muslim yang
tidak mengandung dosa dan memutuskan
silaturahmi, pasti Allah berikan
kepadanya salah satu dari tiga hal: disegerakan
pengabulannya, ditunda sebagai simpanan
di hari kiamat, atau diganti dengan dipalingkan dari keburukan yang setara."
Para
sahabat bertanya, "Bagaimana jika kami
memperbanyaknya?" Rasulullah SAW bersabda, "Allah mempunyai lebih banyak lagi.” Hadits tersebut
diriwayatkan Ahmad, Al-Bazzar, dan Abu
Ya'la.
Rasulullah SAW memberitahukan, doa dapat
menolak serangan malapetaka dan meringankan ketentuan Allah dengan ketentuan-Nya pula.
Nabi SAW juga menjelaskan,agar doa diterima, kita mesti memintanya dengan terus-menerus dan merutinkan berdoa dalam setiap waktu, bukan hanya ketika dalam keadaan sulit. Beliau mengatakan, "Barang siapa ingin dipenuhi permintaannya oleh Allah di saat-saat dalam kesulitan, hendaklah ia banyak berdoa di saat-saat senang." Hadits itu diriwayatkan At-Tirmidzi dan Al-Hakim. Keduanya mengatakan, hadits tersebut sanadnya shahih, Rasulullah SAW juga bersabda, "Tidak ada yang lebih mulia di sisi Allah daripada doa yang dipanjatkan dalam keadaan senang." Demikian hadits yang diriwayatkan At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dalam Shahih-nya, dan Al-Hakim.
Doa termasuk sebab terkuat untuk menolak hal-hal yang tidak disenangi. la adalah musuh bagi bencana. Doa dapat mencegah turunnya bencana dan dapat menghilangkan atau meringankannya jika bencana telah turun.
Dalam hubungannya dengan bencana,
ada tiga kedudukan doa: Pertama, doa lebih
kuat daripada bencana, sehingga
dapat menolaknya. Kedua, doa lebih
lemah daripada musibah, sehingga
seseorang terkena bencana itu, tetapi
telah diringankan sekalipun sedikit.
Ketiga, doa dan bencana saling berhadapan,
satu sama lain saling mencegah,
tetapi bencana itu tetap ada pengaruhnya.
Mengapa demikian? Adakalanya, karena doa itu sendiri seperti doa yang tidak disukai Allah, sebab mengandung permusuhan. Mungkin pula karena hati orang yang berdoa itu lemah dan tidak benar-benar menghadap kepada Allah. Seperti busur yang sangat lemah, maka anak panah yang keluar dari busur yang lemah akan lemah pula.
Mungkin pula ada penghalang diterimanya doa,
seperti makan sesuatu yang haram. Atau karena
lalai dan lupa, sebagaimana disebutkan dalam
Al-Mustadrak, karya Al-Hakim dan hadits Abu
Hurairah, ia berkata, "Rasulullah
SAW bersabda, 'Berdoalah kepada Allah
dengan keyakinan akan diterima; dan
ketahuilah, Allah tidak menerima doa
dan hati yang lalai dan
lengah'."
Doa-doa
Nishfu
Sya'ban
Di antara
siang-malamnya bulan Sya`ban, malam Nishfu
Sya`ban, ma-lam pertengahan, yakni tanggal 15, adalah malam yang termulia. Bahkan, dalam setahun, ia dianggap malam termulia setelah Lailatul Qadar. Karena itu, ibadah dan doa di malam Nishfu Sya`ban lebih utama dibanding
malam-malam lainnya.
Banyak
doa yang disusun para ulama yang sangat balk untuk dibaca pada malam tersebut. Di
antaranya yang akan disampaikan berikut ini.
Di awal waktu sesudah
shalat Maghrib, hendaknya kita membaca surah
Ya-Sin tiga kali. Pembacaan pertama,
diniatkan mohon dipanjangkan umur
dalam berbuat ibadah. Kedua, dengan
niat minta dipelihara dan bencana,
disembuhkan dan penyakit, dan diluaskan
rezeki yang halal. Dan ketiga; dengan niat minta kaya hati dan segala makhluk (tidak butuh kepada makhluk) dan memohon husnul khatimah. Setiap selesai membaca surah Ya-Sin dibaca salah
satu doa nisfu sya’ban di bawah ini, satu
kali. Tetapi bisa juga pelaksanaannya disertai melaksanakan sholat
sunnah dua
rakaat terlebih dahulu setiap hendak membaca surah Yasin sebanyak tiga
kali
tersebut. Secara rinci tata caranya akan dijelaskan seperti berikut.
Karena
ibadah ini adalah sunnah maka pelaksanaannya disesuaikan situasi dan
kondisinya, boleh dengan sholat sunnah maupun tanpanya. Baik dengan
sholat sunnah membaca pada raka'at pertama setelah al-Fatihah membaca
surah al-Kafirun kemudian raka'at kedua setelah al-Fatihah membaca surah al-ikhlas, atau dengan tata cara yang diterangkan di bawah ;
Yang terpenting adalah
seperti yang sudah disampaikan diatas pada malam yang penuh
kemuliaan
dan keberkahan ini, Allah ‘azza wa Jalla membentangkan hamparan ampunan
dan
rahmatnya secara merata, sehingga seyogyannya pada malam tersebut, para
salaf shalihin umumnya, sangat menganjurkan keluarga dan murid-muridnya
berkumpul bersama, untuk berdoa dan
menghidupkan malam tersebut dengan berbagai kegiatan yang bernuansa
ibadah.
Amalan Doa Nifsu Sya'ban
Pada malam Selasa 15
Sya'ban 1319 H, Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.ra penyusun Maulud Simthud
Dhuror berkata kepada Sayid Abdullah bin Abubakar Alatas, putera dari guru
utamanya Al-Quthb Ghauts Al-Arifbillah Abu Bakar bin Abdullah Al-Aththas.ra,
"Dahulu setiap malam Nishfu Sya'ban, Habib Abubakar mengerjakan salat
sunah 6 rakaat. Pada setiap rakaat setelah AI-Fatihah, beliau membaca Surat
Al-Ikhlas sebanyak 6 kali. Setiap kali selesai mengerjakan salat dua rakaat
beliau membaca fatihah dan Yasin kemudian dilanjutkan dengan doa Nishfu
Sya'ban. Aku juga melakukan salat ini dengan cara yang sama." Habib
Abdullah berkata, "Aku ingin mengerjakan salat bersamamu." Setelah
shof-shof diluruskan, Habih Abdullah
bertanya, "Bagaimana niatnya?"
Habib Ali berkata, "Ucapkanlah:
Usholli rok’ataini lillaahi ta’aalaa
Aku
niat salat dua rakaat karena Allah Ta'ala.
Namun jika kalian meniatkan sebagai salat
Sunah Awwabin akan lebih utama; ushollii rok-ataini min sunnatil awwaabiin
lillaahi ta'aalaa.
Pada setiap rakaat setelah Al-Fatihah, membaca Surat
Al-Ikhlas sebanyak 6 kali. Setiap kali selesai mengerjakan salat dua rakaat
lalu membaca fatihah dan Yasin kemudian dilanjutkan dengan doa Nishfu Sya'ban
seperti dibawah ini ;
Habib Ali kemudian mengimami kami. Setelah mengucapkan
salam dari dua rakaat pertama beliau menghadap kepada kami, lalu mengucapkan:
Al-Fatihah wa Yaasin biniyyati thuwlil ‘umri ma’al
tawfiiqi liththa’ati
Setelah membaca (Fatihah dan Yasin) beliau menuntun kami membaca doa Nishfu Syaban untuk dibaca bersama-sama, diawali basmalah hamdalah dan shalawat yang berbunyi:
Bismillahir-rohmaanir-rahiim.
Alhamdulillahir-rabbil-‘alaamin.
Washallalahu ‘ala Sayyidina
Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wasallam
Allahumma
ya dzal-manni wa la yumannu ya dzal-jalali
walikram, ya dzath-thauli wal-in’am, lailaha illa anta zhahral-lajina wa jaral-mustajirina wa ma'
manal-kha’ifin. Allahumma in kunta katabtana ‘indaka fi ummil-kitabi asyqiya'a
au mahrumina au muqtaran 'alaina fir-rizqi
famhullahumma bifadhlika syaqawatana
wa hirmanana wa iqtara arzaqina wa atsbitna ‘indaka fi ummil kitabi su'ada'a marzuqina muwaffaqi-na lil-khairat. Fainnaka qulta wa qaulukal-haqqu
fi kitabikal-munzali ‘ala lisani nabiyyikal-mursal, yamhullahu ma yasya'u wa
yutsbitu wa ‘indahu ummul-kitab. Ilahana bit-tajallil-a`zhami fi
lailatin-nishfi min syahri sya’banal-mukarram allati yufraqu fiha kullu amrin hakimin wa yubram nas'aluka an taksyifa
'anna minal-bala’i ma na’lamu wa ma la na’lam,
wa ma anta bihi a’lam. Innaka antal-a'azzul-akram.
Wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin wa 'ala alihi washahbihi wa sallam, wal hamdulillahi
rabbil ‘alaamin.
Ya Allah, yang
memiliki anugerah dan tidak dianugerahi, yang memiliki kebesaran dan kemuliaan,
yang memiliki karunia dan kenikmatan, tiada Tuhan melainkan Engkau, Engkau-lah
tempat berlindung, tempat memohonkan pertolongan, dan tempat aman hagi orang
yang ketakutan. Ya Allah, jika telah Engkau tuliskan nasibku dalann Ummul kitab
sebagai orang yang sengsara, atau orang yang diharamkan rnendapat kenikmatan,
atau orang yang ditolak, atau orang yang disempilkan rezekinya, maka demi
kemurahan-Mu, hapuskanlah ya Allah, kesengsaraanku, keterhalanganku dari
nikmat, ketertolakkanku, dan kesempitan rezekiku. Kemudian tetapkanlah aku di
dalam Urmnul Kitab yang ada di sisi-Mu sebagai orang yang bahagia, rnendapat
rezeki cukup, memperoleh taufiq untuk melakukan segala kebaikan. Sesungguhnya
Engkau telah berfirman dan firman-Mu lah yang benar, di dalam kitab-Mu yang diturunkan
kepada Nabi-Mu yang diutus, yaitu, "Allah
(berkuasa untuk) menghapus dan menetapkan yang dikehendaki-Nya, dan di sisi-Nya
Ummul kitab". Ya Allah, dengan tajalli-Mu yang Mahu agung pada malam
Nisfu Sya'ban yang mulia ini, yang di dalamnya dipisahkan dan dikukuhkan semua
persoalan penting, aku mohon agar dihindarkan dari malapetaka yang aku ketahui,
atau yang tidak aku ketahui, atau yang lebih Engkau cintai, sesungguhnya Engkau
Maha Luhur dan Mulia. Semoga sholawat dan salam dilimpahkan kepada Nabi
Muhammad, keluarga dan sahabatnya, dan segenap puji bagi-Mu ya Allah,
Pemelihara sekalian alam.
Beliau lalu memimpin salat dua rakaat lagi. Setelah salam beliau mengucapkan: al-faatihah wa yaa siin biniyyatil hifzh wal 'ishmati minal aafaat wal 'aahaat, wa biniyyatis sa’ati fiir-rizqi zh-zhahiri wal baathini
Al-Fatihah dan Yasin dengan niat agar Allah
melindungi kita dari segala bencana dan penyakit juga dengan niat agar Allah
melapangkan rezeki: lahir mapun batin.
Setelah selesai membaca (Fatihah dan Yasin),
beliau menuntun kami membaca doa Nishfu Sya'ban lagi. Setelah itu beliau
memimpin kami untuk salat dua rakaat lagi yang ketiga. Setelah salam beliau
mengucapkan:
al-faatihah
wa yaa siin biniyyatil ghinaa`al-qolbi
wa husnul khootimah.
Al-Fatihah
dan Yasin dengan niat agar Allah menjadikan hati kita kaya dan mengakhiri usia
kita husnul khotimah.
Setelah selesai membaca (Fatihah dan Yasin)
beliau menuntun kami membaca doa Nishfu Sya'ban.
Selain
itu bisa pula dibaca doa yang pendek berikut ini:
Alláhumma innaka
`afuwwun karimun tubibbul-'afwa fa’fu anni. AIlahuumma inni as'alukal-afwa wal
‘afiyata wal-mu’afátad-da’imata fid-dini wad-dunya
wal-akhirah.
(Ya Allah, sesungguhnya
Engkau Maha Pengampun dan Mahamulia, Engkau suka
mengampuni. Maka ampunilah aku.Ya Allah, aku mohon ampunan
dan afiat, serta perlindungan yang tetap dalam urusan agama, dunia, dan
akhirat.)
sedangkan para warga NU banyak mengamalkan dengan tata cara sebagai berikut ; Sya’ban adalah salah satu bulan istimewa, bulan yang dihormati dalam agama Islam, selain Muharram, Dzulhijjah dan Rajab. Lebih utama lagi pada malam ke lima belas, yang dikenal dengan nama malam Nisfu Sya’ban.
Sebagaimana dijelaskan dalam hadits shahih dari Mu‘az bin Jabal Radhiallahu ‘anhu, bahwa pada malam ini “Allah
menjenguk datang kepada semua makhlukNya di Malam Nishfu Sya‘ban, maka
diampuni segala dosa makhlukNya kecuali orang yang menyekutukan Allah
dan orang yang bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah, at-Thabrani dan Ibnu Hibban).
Begitu juga hadits riwayat Aisyah r.a.
عن عائشة بنت أبي بكر قالت: « قام
رسول الله من الليل يصلي، فأطال السجود حتى ظننت أنه قد قبض، فلما رأيت
ذلك قمت حتى حركت إبهامه فتحرك فرجعت، فلما رفع إلي رأسه من السجود وفرغ من
صلاته، قال: يا عائشة أظننت أن النبي قد خاس بك؟، قلت: لا والله يا رسول
الله، ولكنني ظننت أنك قبضت لطول سجودك، فقال: أتدرين أي ليلة هذه؟ قلت:
الله ورسوله أعلم، قال: هذه ليلة النصف من شعبان، إن الله عز وجل يطلع على
عباده في ليلة النصف من شعبان، فيغفر للمستغفرين، ويرحم المسترحمين، ويؤخر
أهل الحقد كما هم »
Dari
Aisyah radhiyallahu anha berkata bahwa Rasulullah SAW bangun pada malam
dan melakukan shalat serta memperlama sujud, sehingga aku menyangka
beliau telah diambil. karena curiga maka aku gerakkan telunjuk beliau
dan ternyata masih bergerak. Ketika beliau mengangkat kepalanya dari
sujud dan selesai dari shalatnya, beliau berkata, “Wahai Asiyah, (atau
Wahai Humaira’), apakah kamu menyangka bahwa Rasulullah tidak memberikan
hakmu kepadamu?”Aku menjawab, “Tidak ya Rasulallah, namun Aku menyangka
bahwa Anda telah dipanggil Allah karena sujud Anda lama sekali.”
Rasulullah SAW bersabda, “Tahukah kamu malam apa ini?” Aku menjawab,
“Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui.”Beliau bersabda, “Ini adalah
malam nisfu sya’ban (pertengahan bulan sya’ban). Dan Allah muncul kepada
hamba-hamba-Nya di malam nisfu sya’ban dan mengampuni orang yang minta
ampun, mengasihi orang yang minta dikasihi, namun menunda orang yang
hasud sebagaimana perilaku mereka.” (HR Al-Baihaqi)
Begitulah
kemurahan Allah swt yang diberikan kepada hambanya di malam Nisfu
Sya’ban. Sehingga dalam kesempatan lain Aisyah meriwayatkan hadits lagi
dengan banyaknya pengampunan itu semisal bulu kambing Bani Kalb
عن عائشة بنت أبي بكر قالت: «قال رسول الله : "إن الله ينزل ليلة النصف من شعبان إلى السماء الدنيا، فيغفر لأكثر من عدد شعر غنم كلب"
Sesungguhnya
Allah ‘Azza Wajalla turun ke langit dunia pada malam nisfu sya’ban dan
mengampuni lebih banyak dari jumlah bulu pada kambing Bani Kalb (salah
satu kabilah yang punya banyak kambing). (HR At-Tabarani dan Ahmad)
Demikianlah
hendaknya kesempatan ini tidak disia-siakan. Seorang muslim yang bijak
tentunya akan memanfaatkan malam Nisfu Sya’ban sebaik-baiknya, dengan
sebaik-baiknya memohon pengampunan dan melaksanakan amal kebaikan
sebanyak-banyaknya. Demikian hadits riwayat Ali bin Abi Thalib
menegaskan
عن
علي بن أبي طالب قال: «قال رسول الله : "إذا كان ليلة النصف من شعبان
فقوموا ليلها وصوموا نهارها فإن الله ينزل فيها إلى سماء الدنيا فيقول ألا
من مستغفر فأغفر له ، ألا من مسترزق فأرزقه ألا من مبتلى فأعافيه ألا كذا
ألا كذا حتى يطلع الفجر
Dalam
hadis Ali, Rasulullah bersabda: "Malam nisfu Sya'ban, maka hidupkanlah
dengan salat dan puasalah pada siang harinya, sesungguhnya Allah turun
ke langit dunia pada malam itu, lalu Allah bersabda: "Orang yang meminta
ampunan akan Aku ampuni, orang yang meminta rizqi akan Aku beri dia
rizqi, orang-orang yang mendapatkan cobaan maka aku bebaskan, hingga
fajar menyingsing." (H.R. Ibnu Majah dengan sanad lemah).
Amalan Malam Nisfu Sya’ban
Berbagai
amalan malam Nisfu Sya’ban dapat dimulai setelah sholat maghrib.
Berpegang pada hadits Rasulullah saw, sebaiknya ibadah malam Nisfu
Sya’ban ini dilakukan secara individual (tidak berjama’ah). Namun juga
tidak ada pelarangan jika dilakukan secara berjama’ah. Dengan didahului
shalat sunnah dua rakaat yang niatnya adalah
أصلى سنة نصف شعبان ركعتين لله تعالى
Artinya:
Aku niat shalat sunat nisfu sya’ban 2 rakaat sebagai karena Allah Ta’ala.
Bilangan shalat sunnah Nisfu Sya’ban adalah 2 rakaat dengan 1 kali salam. Pada rakaat pertama setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Kafirun. Sedangkan pada rakaat setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlas.
Dalam
Ihya’ Ulumiddin, Imam Ghazali memberikan petunjuk agar dalam setiap
rekaatnya setelah membaca fatihah hendaknya membaca surat al-Ikhlas
sebelas kali. Atau dapat juga shalat sepuluh rakaat disetiap rakaatnya
membaca Fatihah dan membaca al-Ikhlas seratus kali. Shalat ini disebut
juga shalat al-khair, hal ini berdasar pada apa yang dilakukan oleh para
ulama terdahulu.
Setelah
shalat sunnah dua rekaat biasanya dilanjutkan dengan membaca surat
yasin tiga kali yang dan ditutup dengan do’a malam Nisyfu Sya’ban di
bawah ini
اَللَّهُمَّ
يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ
اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ
ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ
اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ
اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا
عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ
اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ
اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا
مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى
كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا
يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى
اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ
الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ
عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ
عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى
اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ .
اَمِيْنَ
Artinya:
Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan. Tiada Tuhan selain Engkau: Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan. Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku di sisiMu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah, wahai Allah, dengan anugrahMu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisimu, dalam Ummul Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan. Sunguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti benar, di dalam Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus: “Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang dikehendakiNya dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab.” Wahai Tuhanku, demi keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya’ban nan mulia, saat dipisahkan (dijelaskan, dirinci) segala urusan yang ditetapkan dan yang dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui. Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi RahmatMu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi. Semoga Allah melimpahkan solawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau. Amin.
Sumber NU ONLINE
Demikianlah keutamaan dan kelebihan malam Nishfu Sya’ban, marilah kita manfaatkan malam yang mulia ini untuk mendekatkan diri dan memohon sebanyak-banyaknya kepada Allah.
=====000=====
Wa min Allah at taufiq hidayah wal inayah, wa bi hurmati Habib wa bi hurmati fatihah!!
|
Amalan Nisfu Syaban
Sabtu, 19 April 2014 on
Tidak ada komentar:
Posting Komentar